Sangat Mengerikan Bund! Ternyata "5 Kebiasaan" Ini Bisa Sebabkan "Meningitis", Tolong Bantu Share Bund Ya Ke Teman Yg Lain!

Sangat Mengerikan Bund! Ternyata "5 Kebiasaan" Ini Bisa Sebabkan "Meningitis", Tolong Bantu Share Bund Ya Ke Teman Yg Lain!

Sangat Mengerikan Bund! Ternyata "5 Kebiasaan" Ini Bisa Sebabkan "Meningitis", Tolong Bantu Share Bund Ya Ke Teman Yg Lain!
DOYAN.Online - Meningitis bukanlah penyakit yang baru dalam dunia medis. Penyakit ini sempat menggemparkan masyarakat Indonesia sejak munculnya kasus yang dialami almarhum Olga Syahputra. Meninggalnya Olga akibat meningitis yang dialaminya telah mengajarkan kepada kita untuk selalu menjaga kesehatan dimanapun dan kapanpun. Meskipun meningitis merupakan penyakit yang tergolong berat, ternyata penyakit ini bisa juga disebabkan karena hal-hal yang sepele. Demi menghindari dari serangan meningitis, berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang perlu dihindari:

1. Kurang tidur

Tidur di malam hari merupakan kebutuhan mutlak setiap manusia tanpa terkecuali. Sebab tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan melakukan beberapa perbaikan sel agar tubuh dapat bekerja secara optimal.

Tubuh dapat mengalami gangguan ketika seseorang kurang tidur. Kondisi seperti ini membuka peluang bagi virus-sebagai penyebab paling umum meningitis- untuk menyerang sistem saraf pusat. Jadi, sebaiknya jangan kesampingkan kegiatan yang satu ini. Tidur 8 jam per hari bukanlah patokan mutlak. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Namun waktu tidur yang baik rata-rata antara 6-8 jam per harinya.

2. Interaksi dengan hewan peliharaan terlalu sering

Berinteraksi dan memelihara hewan perliharaan bukanlah suatu larangan. Hanya saja Anda harus memperhatikan kesehatan peliharaan Anda tersebut. Hewan peliharaan yang terjangkit virus memiliki kesempatan besar menularkannya pada sang majikan. Apalagi kuman meningokokus-sebagai salah satu agen penyebab meningitis- dapat ditularkan melalui udara dengan sangat mudah. Oleh sebab itu, disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan Anda dan hewan peliharaan agar terhindar dari penyakit ganas ini.

3. Berbagi penggunaan alat makan

Kebiasaan berbagi pemakaian alat makan dengan orang lain, bahkan dengan anggota keluarga sendiri dapat memudahkan Anda tertular meningitis. Anda tidak akan pernah tahu kondisi kesehatan seseorang hanya melihat dari gerak-geriknya. Apalagi gejala meningitis memiliki kesamaan dengan gejala flu biasa.

Virus dapat dengan mudah ditularkan dari satu individu ke individu lainnya. Bukan hanya lewat udara, benda-benda yang biasa dipegang penderita juga dapat menjadi jembatan bagi meningitis untuk menyerang Anda.

4. Malas mencuci tangan

Mencuci tangan sebelum makan sesuatu merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya untuk mencegah diare, bahkan mencuci tangan dapat menghindarkan Anda dari serangan meningitis.

Anda tidak akan pernah tahu organisme mikroskopis macam apa saja yang melekat pada tangan Anda. Maka dari itu, biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan untuk mencegah beragam kemungkinan penyakit menyerang kesehatan Anda.

5. Minum minuman beralkohol

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menjaga agar kinerja sistem imun tetap optimal. Sekali saja sistem imun drop, hal ini dapat menjadi peluang bagi organisme patogen-penyebab penyakit- menginfeksi tubuh Anda. Salah satu cara menjaga kinerja sistem imun agar tetap optimal yaitu dengan menghindari minum minuman beralkohol. Bukan hanya penyakit akibat agen penginfeksi saja, penyakit teknis seperti stroke dan jantung koroner juga dapat disebabkan karena mengonsumsi alkohol.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam situs ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya.
Advertisement

Baca juga:

Sangat Mengerikan Bund! Ternyata "5 Kebiasaan" Ini Bisa Sebabkan "Meningitis", Tolong Bantu Share Bund Ya Ke Teman Yg Lain!

Baca Juga Ini